Senin, 14 November 2011

cara membuat bookmark di PDF

curhat dulu : sebenarnya cara ini sudah tidak asing lagi alias basi dikalangan tertentu,tp ternyata ane ajah baru tau cara membuat bookmark di pdf dan rentalan komputer pun yang notaben nya ahli beberapa tidak paham apa itu bookmark di pdf, ane di sini mencoba berbagai ilmu yang ane baru mengerti dan semoga bisa bermanfaat. sebenarnya ane bisa seperti ini gara2 CD skripsi ane di tolak oleh pihak perpusatkaan karena harus ada bookmark di PDFnya. 
oke mari kita mulai..

alat yang digunakan klo ane :  adobe acrobat 6.0 Profesional.
bahan :  file PDF. (convert word to pdf)
langkah-langkahnya:
1. buka  file pdf yang akan di buat bookmarnya di adobe acrobat 6.0 Profesional.
2. setelah file terbuka langkah selanjutnya adalah klik bookmark sampai ruang untuk bookmark terbuka.
3. klik select
4. langkah selanjutnya yaitu mencari kata/halaman yang akan di bookmark, klo ane di sesuaikan dengan apa yang ada di daftar isi. misal bookmark pertama kita adalah pendahuluan, setelah klik select trus blok kata / judul yang akan di bookmark.
5. setelah di blok kemudian klik kanan dan klik add bookmark atau ctrl + b, dan hasilnya yg dblok tadi akan masuk ke daftar bookmar.
6. lakukan terus seperti itu sampai semua yang ada di daftar isi atau yang diperlukan masuk semua ke daftar bookmar.
7. SELESAI...memang klo sudah masuk semua selesai, tp bisa di lihat klo antara BAB dan SUB bab masih sejajar, seharusnya kan yang sub bab menjorok ke dalam dan berada di bawah bab,,oke selanjutnya mari kita rapihkan semuanya.

caranya yaitu klik dan darag sub bab dan arahkan ke bab, misalnya kita akan merapihkan BAB I.
1. klik A. Latar Belakang kemudian drag ke I. PENDAHULUAN, kemudian lepaskan. dan akan tampak posisi sub bab lebih menjorok.
2. lakukan hal sama seperti no 1, sampai semunya rapih.
3. terakhir save dan selesai. download versi PDF




demikain langkah-langkah membuat bookmark di pdf, artikel ini ane buat untuk rekan2 ane yang masih menyusun skripsi dan sebentar lagi selesai dan memerlukan cara ini.

2 komentar: